Ketika Anda mengimpor atau mengekspor barang, melengkapi dokumen
yang tepat dalam rangka ekspor dan impor adalah sangat penting. Dokumen yang
hilang atau tidak akurat dapat meningkatkan risiko, menyebabkan penundaan dan
biaya tambahan, atau bahkan kegiatan ekspor impor dapat gagal.
Berikut ini menjelaskan
dokumentasi utama yang harus anda persiapkan.
Anda harus memiliki dokumen yang tepat dan akurat untuk meminimalisir
risiko masalah dan penundaan.
- Harus ada kontrak tertulis yang jelas antara pembeli dan penjual, termasuk rincian persis di mana barang akan dikirimkan
- Dokumen tertentu mungkin diperlukan untuk mendapatkan barang melalui bea cukai. Mungkin ada persyaratan tertentu baik dari negara pengekspor maupun dari negara pengimpor.
- Dokumentasi yang diperlukan dalam rangka pengangkutan barang dan asuransi selama perjalanan
- Dokumen yang bagian penting dari mekanisme pembayaran
Sangat penting untuk bekerja sama dengan rekan Anda untuk
mendapatkan dokumen yang tepat. Misalnya, jika Anda melakukan pengiriman barang
ke pelanggan di luar negeri, Anda harus menanyakan mereka dokumen apa yang mereka
butuhkan. Jika Anda berurusan dengan negara yang berlainan bahasa, sebaiknya
Anda memberikan satu set dokumen dalam bahasa setempat.
Namun, Anda harus ingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk
memastikan Anda memiliki dokumentasi yang benar.
Negara yang berbeda memiliki budaya bisnis dan bahasa yang
berbeda. Adalah sangat baik untuk memastikan bahwa Anda membuat kontrak
tertulis yang jelas untuk meminimalkan risiko kesalahpahaman.
Kontrak harus ditetapkan mana barang yang sedang dikirim. Ini
harus mencakup yang bertanggung jawab untuk setiap tahap perjalanaen, termasuk
bea cukai, dan asuransi apa yang dibutuhkan. Hal ini juga harus dibuat jelas
siapa yang membayar untuk setiap biaya yang berbeda.
Untuk menghindari kebingungan, harus dibuat persyaratan
pengiriman yang disepakati bersama, seperti:
- dimana barang akan dikirimkan;
- yang mengatur transportasi;
- yang bertanggung jawab untuk mengasuransikan barang, dan siapa yang membayar untuk asuransi;
- yang menangani prosedur kepabeanan, dan siapa yang membayar bea dan pajak, dan lain-lain.
Misalnya, eksportir mungkin setuju untuk memberikan barang,
dengan biaya eksportir, untuk pelabuhan di negara pelanggan. Pelanggan kemudian
mungkin mengambil alih tanggung jawab, mengatur dan membayar untuk bea cukai
dan pengiriman ke tempat mereka. eksportir mungkin juga bertanggung jawab untuk
mengatur asuransi untuk barang sampai mereka mencapai pelabuhan, tapi lulus
biaya ini ke pelanggan.
Serta termasuk rincian pengiriman, kontrak harus mencakup
pembayaran. Ini harus mencakup dengan mata uang apa pembayaran akan dilakukan,
berapa banyak akan dibayar, waktu pembayaran dan apa metode pembayaran yang
akan digunakan.
Ada Pertanyaan Lebih Lanjut tentang Tatacara Pengiriman Barang
Ekspor dan Impor, Hubungi:
PRESSA CARGO
PT. PRESSTIASA CARGOTRANS INTERBENUA
Int'l Freight Forwarder & Custom Clearance
PT. PRESSTIASA CARGOTRANS INTERBENUA
Int'l Freight Forwarder & Custom Clearance
Gedung AKA Lt 9 - R 914
Jl. Bangka Raya No. 2, Mampang Prapatan Jakarta Selatan
Jl. Bangka Raya No. 2, Mampang Prapatan Jakarta Selatan
Telp. (021) 7822987 - 22715599 Faks.
(021) 7822987 - 22715698
Email:
pressacargo@gmail.com
pressti.cargo@gmail.com
Fast Respons (Mobile):
082167689075
085277636499
pressacargo@gmail.com
pressti.cargo@gmail.com
Fast Respons (Mobile):
082167689075
085277636499
No comments:
Post a Comment