Tatacara dan Prosedur Ekpor Impor yang Benar


Ketika Anda mengimpor atau mengekspor barang, melengkapi dokumen yang tepat dalam rangka ekspor dan impor adalah sangat penting. Dokumen yang hilang atau tidak akurat dapat meningkatkan risiko, menyebabkan penundaan dan biaya tambahan, atau bahkan kegiatan ekspor impor dapat  gagal.
Berikut  ini menjelaskan dokumentasi utama yang harus anda persiapkan.
Anda harus memiliki dokumen yang tepat dan akurat untuk meminimalisir risiko masalah dan penundaan.
  • Harus ada kontrak tertulis yang jelas antara pembeli dan penjual, termasuk rincian persis di mana barang akan dikirimkan
  • Dokumen tertentu mungkin diperlukan untuk mendapatkan barang melalui bea cukai. Mungkin ada persyaratan tertentu baik dari negara pengekspor maupun dari negara pengimpor.
  • Dokumentasi yang diperlukan dalam rangka pengangkutan barang dan asuransi selama perjalanan
  • Dokumen yang bagian penting dari mekanisme pembayaran
Sangat penting untuk bekerja sama dengan rekan Anda untuk mendapatkan dokumen yang tepat. Misalnya, jika Anda melakukan pengiriman barang ke pelanggan di luar negeri, Anda harus menanyakan mereka dokumen apa yang mereka butuhkan. Jika Anda berurusan dengan negara yang berlainan bahasa, sebaiknya Anda memberikan satu set dokumen dalam bahasa setempat.
https://pressti.blogspot.co.id/p/jasa-impor-borongan.html
Namun, Anda harus ingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk memastikan Anda memiliki dokumentasi yang benar.
Negara yang berbeda memiliki budaya bisnis dan bahasa yang berbeda. Adalah sangat baik untuk memastikan bahwa Anda membuat kontrak tertulis yang jelas untuk meminimalkan risiko kesalahpahaman.
Kontrak harus ditetapkan mana barang yang sedang dikirim. Ini harus mencakup yang bertanggung jawab untuk setiap tahap perjalanaen, termasuk bea cukai, dan asuransi apa yang dibutuhkan. Hal ini juga harus dibuat jelas siapa yang membayar untuk setiap biaya yang berbeda.
Untuk menghindari kebingungan, harus dibuat persyaratan pengiriman yang disepakati bersama, seperti:
  • dimana barang akan dikirimkan;
  • yang mengatur transportasi;
  • yang bertanggung jawab untuk mengasuransikan barang, dan siapa yang membayar untuk asuransi;
  • yang menangani prosedur kepabeanan, dan siapa yang membayar bea dan pajak, dan lain-lain.
Misalnya, eksportir mungkin setuju untuk memberikan barang, dengan biaya eksportir, untuk pelabuhan di negara pelanggan. Pelanggan kemudian mungkin mengambil alih tanggung jawab, mengatur dan membayar untuk bea cukai dan pengiriman ke tempat mereka. eksportir mungkin juga bertanggung jawab untuk mengatur asuransi untuk barang sampai mereka mencapai pelabuhan, tapi lulus biaya ini ke pelanggan.
Serta termasuk rincian pengiriman, kontrak harus mencakup pembayaran. Ini harus mencakup dengan mata uang apa pembayaran akan dilakukan, berapa banyak akan dibayar, waktu pembayaran dan apa metode pembayaran yang akan digunakan.

Ada Pertanyaan Lebih Lanjut tentang Tatacara Pengiriman Barang Ekspor dan Impor, Hubungi: 

PRESSA CARGO
PT. PRESSTIASA CARGOTRANS INTERBENUA
Int'l Freight Forwarder & Custom Clearance
Gedung AKA  Lt 9 - R 914 
Jl. Bangka Raya No. 2, Mampang Prapatan Jakarta Selatan
Telp. (021) 7822987 - 22715599  Faks. (021) 7822987 - 22715698
   
  Email: 
   pressacargo@gmail.com
   pressti.cargo@gmail.com
  
   Fast Respons (Mobile):   

082167689075
 085277636499

No comments: